Thomas hobbes

Manusia adalah makhluk individual sekaligus makhluk sosial. Artinya manusia sebagai makhluk individual karena ia memiliki ciri khusus yang terdapat dalam masing masing diri seseorang. yaa karakter, sedang arti manusia makhluk sosial adalah, manusia tidak dapat hidup sendiri ia hidup berdampingan dengan lingkungannya. Beberapa bulan lalu saya pergi ke jember untuk mengikuti sebuah kegiatan, intinya untuk  mempelajari seperti apa manusia, bagaimana ia bergerak, serta bagaimana ia hidup bernegara.

Singkat cerita dalam sebuah dialog saya dikejutkan dengan apa yang dibicarakan oleh orang didepan saya. Ia berkata bahwa “Thomas hobbes pernah berkata manusia adalah binatang yang berfikir, ketika ia berfikir ia menjadi manusia dan ketika tidak berfikir ia bukan manusia” . saya tidak terkejut dengan redaksinya tetapi saya keget bahwa di jember saya mengetahui nama orang yang mengatakan “manusia adalah hewan berfikir” yaa hal yang beberapa tahun lalu sudah saya dengar. Oooo namanya Thomas hobbes (dalam hati saya) saya senang bisa mengetahui nama Thomas hobbes. 4 hari di jember kemudian saya kembali ke kota saya lagi,, dari sinilah saya mulai penasaran dengan Thomas hobbes, saya langsung mencari- cari artikel tentang dia. Kemudian saya temukan sebagai berikut:

Thomas hobbes menjelaskan bahwa manusia bukanlah makhluk sosial, ia adalah murni makhluk individual. Jika manusia adalah makhluk sosial sudah jelas kehidupan lebah itu lebih sosial daripada manusia itu sendiri. orang itu memiliki suatu kecenderungan, yaitu kecenderungan untuk mempertahankan diri maksudnya mementingkan diri sendiri, manusia juga cenderung takut akan kematian, ia akan berjuang agar tetap hidup. (manusia itu takut punah coy :v) kecenderungan itulah yang membuat manusia saling sikut-sikutan saling menghancurkan satu sama lain demi dirinya sendiri. Homo homini lupus( manusia adalah serigala bagi sesamanya). Orang mengatakan kejelekan orang lain agar ia lebih baik dan diperhatikan, orang menghina dagangan oranglain agar yang laku hanya barang miliknya saja dll.

 Eeiit ,…..ada tapi, tetapi karena kecenderungan itu jugalah  manusia hidup rukun berdampingan dan mencari kawan.  Meskipun manusia hidup sosial hanya karena kecenderungan untuk mempartahankan diri. Contoh : orang mencari teman yang kaya agar ia ga kesulitan dalam ekonominya, orang berteman dengan preman agar dirinya aman dari tindak kriminal, orang mendekati  manajer agar dinaikan diri distruktur perusahaan, orang merayu guru agar terlihat baik dan lugu. Serta banyak lainnya. Kecenderungan inilah lantas kemudian dibahasakan sebagai EGO. Ego lah yang mengarahkan pada kehidupan individual atau sosial.

 Jadi semua orang punya ego, apakah tidak ada pengecualian? tidak, apakah termasuk para pejabat negara? iyaa semua orang punya ego termasuk para pejabat. Maka jangan heran jika terdapat demo dari rakyat atau sebagainya, mungkin saja (hanya tebakan saya) rakyat merasa arah daripada ego pejabat pemerintahan bukan kepada kepentingan rakyat, hal ini membuat rakyat merasa cemas dan terancam, dan saat rakyat cemas ini bahaya. Thomas hobbes said: "jika Aparatur Negara berbuat korup (menyalahgunakan jabatannya) sehingga menimbulkan rakyat cemas, maka ada 2 hal yang pasti: pertama , jika rakyat terancam maka rakyat akan berbalik menyerang dan merobohkan negaranya, kedua pemerintah akan mempertanggungjawabkan segalanya di persidangan akhir nanti kepada Tuhan. Hahaa anda kaget yaa saya juga kaget Thomas hobbes pernah mengatakan hal demikian.


Rik,
Pasuruan,2020

Komentar